Akhir Dari bStat, STT2, Dan Kawan-Kawan?

October 26th, 2011 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

Minggu lalu sebenarnya adalah jadwal untuk rilis updet terbaru dari ebook SEO Complete Guide for WordPress. Namun mendadak ada perubahan signifikan dari Google yang berpengaruh terhadap materi ebook tersebut. Perubahan tersebut dapat dibaca di sini dan di sini. Pada intinya, per tanggal 18 Oktober 2011, Google mengaktifkan fitur SSL pada mesin pencari mereka bagi pengguna yang login ke Google Account. Yang terjadi ketika mereka melakukan pencarian dan masuk ke situs kita adalah, kita tidak lagi bisa mengetahui kata kunci apa yang mereka gunakan. Bad news.

Perubahan ini, seperti disebutkan di awal, mau tidak mau berpengaruh ke materi ebook, terutama untuk plugin. Untuk bStat memang sudah saya hapus dari daftar recommended plugin karena performance plugin STT2 yang makin lama makin baik. Yang jadi masalah adalah plugin STT2 ini. Dengan aktivasi SSL pada Google, jelas kinerja STT2 menjadi tidak seefektif dulu karena kini hanya kata kunci yang digunakan oleh pengguna anonymous saja yang terrekam. Sisanya hanya bisa kita ketahui melalui Google Webmaster Tools dan Google Analytics. Dan bila memang sudah tidak efektif, jelas mau tidak mau harus saya keluarkan dari daftar plugin rekomendasi.

Untuk saat ini saya masih mencoba menganalisa lebih detil apakah memang benar plugin STT2 (dan sejenisnya) sudah ‘tidak perlu’ digunakan lagi. Sejauh ini, memang terlihat penurunan jumlah keyword yang terekam di beberapa situs yang saya amati. Namun di beberapa situs lokal, seperti statistik Histats yang saya gunakan tidak ada perubahan. Apakah memang Histats masih bisa mencatat kata kunci pencarian dengan baik atau tidak untuk saat ini saya belum bisa memastikan. Saya akan tunggu dan amati hingga akhir minggu ini sebelum membuat keputusan mengenai materi STT2 di ebook, agar di akhir bulan, hari Senin tanggal 31 Oktober, update ebook terbaru sudah bisa dinikmati oleh pelanggan.

Salah satu materi di updet ebook yang saya yakin akan banyak bermanfaat adalah mengenai Performance Optimization. Ini adalah bab baru yang membahas mengenai cara mengoptimasi kecepatan situs dan kinerja server secara keseluruhan. Materi ini saya tambahkan karena parameter kecepatan loading halaman kini memiliki tingkat kepentingan yang cukup tinggi di dalam penilaian SEO sebuah situs / halaman yang bersangkutan. Termasuk di antaranya adalah optimasi theme, rekomendasi plugin, dan optimasi hosting / server yang digunakan. Tenang saja, materi ini sudah selesai ditulis kok, hehehe, jadi gak bakal bikin delay :)

Salam sukses :)

Panduan 28 Hari Menguasai SEO

.