Alexa Rank PanduanDasar.Com Tembus Angka 33 Ribu

October 14th, 2009 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

alexalogo

Tidak terasa sudah tiga bulan berlalu sejak produk perdana PanduanDasar.Com (selanjutnya disingkat PDC), Instant Internet Business Ideas, diluncurkan. Dan entah kenapa, pagi tadi saya iseng untuk mengecek Alexa Rank PanduanDasar.Com dan hasilnya ternyata cukup menggembirakan — 33,127. Selain itu, PDC juga menempati posisi ke-343 dari urutan popularitas situs di Indonesia berdasarkan Alexa.

Bagi sebagian orang mungkin pencapaian ini tidak berarti. Tapi bagi sebuah situs bisnis internet yang masih ‘bayi’, peringkat 33 ribu hanya dalam waktu singkat seperti ini setidaknya memberikan sedikit petunjuk bahwa PDC, sebagai seorang pemain baru, patut untuk diperhitungkan 🙂

Sekarang mari kita coba bandingkan dengan dua situs bisnis internet lain yang sudah lebih dulu populer di Indonesia, FormulaBisnis.Com milik Joko Susilo dan UangPanas.Com milik Haryo Prabowo.

Traffic Rank Comparison

Meskipun masih kalah dengan FormulaBisnis, namun setidaknya dalam beberapa waktu terakhir PDC mengalami kurva kenaikan trafik yang sangat tajam. Semoga saja ini masih terus berlanjut hingga seterusnya, hehehe.

Informasi lain yang cukup menarik untuk disimak dari Alexa adalah mengenai time on site (waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung untuk berada di satu situs) dan search percentage (persentase jumlah pengunjung yang berasal dari mesin pencari). Berturut-turut inilah perbandingannya:

Time On Site Comparison

Search Percentage Comparison

Dari dua gambar di atas dapat disimpulkan bahwa:

(1) Pengunjung cukup betah untuk berada di situs PDC 🙂 Ini disebabkan karena PDC menggunakan konsep gabungan antara blog dengan sales letter, berbeda dengan kedua situs ‘seniornya’ yang murni merupakan halaman sales letter.

(2) Situs PDC dan UangPanas sama-sama memiliki dasar SEO yang cukup kuat karena lumayan banyak mendatangkan trafik dari mesin pencari. Di satu minggu terakhir bahkan grafiknya nyaris sama.

Bagaimana? Sebagai pendatang baru sepak terjang PDC tidak memalukan, bukan? 🙂

PS: Perbandingan di atas hanya sekedar untuk analisa tanpa ada maksud untuk menjelekkan atau menjatuhkan pihak-pihak tertentu 🙂

Instant Internet Business Ideas

13 comments

  1. Wach, keren om…
    Menginspirasi, konsepnya. Perpaduan sales letter + blog
    Oya, 5 menit ada di situs, perngunjung termasuk betah Gak ya?

  2. iphin cow says:

    wow keren…
    cepet banget mas….
    gimana tuh canya ? 🙂

  3. mantap mas cos, jadi ikut semangat nich nerapin ilmu 28day seonya

  4. tedi says:

    blog saya baru sebulan, trafic msh di bawah 10..dalam seminggu terakhir ko alexaranknya malah turun…kenapa yah

  5. adi says:

    mantabbb bos . . 🙂

  6. saya sangat senang sekali bisa membaca tips dan trik bagaimana bisa menjadi no 1 di google bagi saya hal yang paling sulit untuk mendatangkan traffic secara gratis pak bisa bantu saya untuk menjadikan website saya http://tvplasma.co.cc di no 10 besar google dengan kata kunci lcd tv, lcd plasma tv saya mohon bantuan masnya silahkan mas balas ke email saya mas

  7. Mantap! Siapa yg ga tahu mas Cosa! Tanya Cosa? hehe,… selamat ya saluuut!

    O ya, buat temen2 yg mo balajar desain grafis, skrg di DGA lagi promo ebook gratis materi kursus desain grafis online. Silahkan kl berminat… (thx mas Cosa ya numpang promosi)…Salam

  8. Turisuna says:

    Weleh2 cepet banget alexanya dah 33 ribuan, mantap mas, kapan ya bisa gitu 😛

  9. pensiun kaya says:

    hari ini quirk di Firefox-ku mengindikasikan bahwa PDC menempati Alexa ke 32.201..hebat!
    bagi saya pribadi tidak aneh apabila PDC cepat masuk ke jajaran elit Alexa, mengapa?
    Siapa dulu dong man behind PDC? mas Cosa Aranda gitu lho, yang pernah bisnis online apalagi PPC gak kenal ama mas Cosa, kebangetan!:-)
    salam

  10. baqare says:

    bagi donk cak, teknik seo nya panduandasar.com.
    secara gratis tentunya..hehehe

  11. reez says:

    wahhh selamat mas… meroket terus…^__^
    bagi-bagi rahasianya donk hehehehe…

  12. infobiz says:

    nice info …………

Leave a Reply