AutoResponder – Sewa Atau Jalan Sendiri?

December 24th, 2009 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

Salah satu yang sering menjadi pertanyaan mengenai autoresponder adalah,

“Lebih baik mana, install script autoresponder dan menjalankan sendiri di server kita atau menggunakan layanan autoresponder yang ada?”

Sebelum menjawabnya, mari kita simak untung ruginya terlebih dahulu.

Untung rugi menginstall autoresponder di server sendiri:

  • (+) Kontrol sepenuhnya ada di tangan kita
  • (+) Biaya autoresponder relatif lebih murah (cukup beli scriptnya sekali saja)
  • (-) Semakin banyak subscriber, resource yang dibutuhkan server semakin banyak
  • (-) Resiko dibanned oleh server karena pemakaian resource besar atau dikenai tambahan biaya sewa server

Untung rugi menyewa layanan autoresponder:

  • (-) Kontrol tergantung fitur yang diberikan oleh penyedia layanan
  • (-) Biaya autoresponder relatif lebih mahal (bayar bulanan)
  • (+) Tidak memakai resource server sehingga bebas biaya tambahan

Dari sini dapat disimpulkan bahwa untuk jumlah subscriber sedikit, tidak masalah menggunakan script autoresponder sendiri. Namun untuk jumlah subscriber yang banyak, sangat disarankan untuk menggunakan layanan autoresponder terpisah. Selain lebih reliable, Anda juga akan terbebas dari beban biaya tambahan (serta resiko ditendang oleh hosting Anda) yang mungkin muncul.

PanduanDasar.Com sendiri awalnya menggunakan autoresponder sendiri, yang kebetulan merupakan fitur terintegrasi pada script aMember yang digunakan. Namun seiring dengan meningkatnya jumlah anggota, maka akhirnya diputuskan untuk menggunakan layanan autoresponder pihak ketiga, dalam hal ini adalah GetResponse.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat 🙂

Instant Internet Business Ideas

23 comments

  1. Jovin says:

    Pake script sendiri belum tentu makan resource yang gede, asalkan pakai script yang bagus. Misalnya yang ada system mail queue, dll. Tapi kalau punya modal gede sih mendingan pake 3rd party. Kita tahu beres soalnya mereka pasti lebih professional dalam urusan itu.

    • Awalnya aku jg berpikir utk pake script yg diinstal sendiri. Tapi mendengar bnyk temen2 yg terancam banned dr hosting gara2 AR instalan, akhirnya mutusin langsung ae pake pihak ketiga.

      Asal kita mengoptimalkannya oke, ga bakalan rugi malah tambah untung…

    • Maghfur Amin says:

      Saya memakai autoresponder sendiri… efeknya memang seperti yang disampaikan mas Cosa. Kalau masing kecil mending pakai sendiri, ntar kalau sudah besar baru sewa.

  2. iphin cow says:

    thx infonya gan…
    sampai sekarang masih belum memanfaatkan autoresponder 🙁

  3. sariful says:

    saya menggunakan autoresponder bawaan email… nyambung ga sich ? hehehehe
    http://sariful.com/backlink-jangan-tukeran-link-dengan-menggunakan-banner-link.htm

  4. Saya lagi mau coba pakai AR yang diinstal di server sendiri. Tapi bingung mau pilih AR yang mana, soalnya banyak sekali pilihan script AR. Mungkin ada teman-teman yang bisa kasih saran script AR yang handal.
    Trims before…..

  5. Betul tuh.. install script autoresponder dihosting mmg sngt tergantung pd kemampuan hosting kt. Denger-2 klo hostingan lokal dipastikan akan “tendang” anda keluar ,klo pasang AR script.

    Sblm install script AR , tnykan dulu ke penyedia hosting, brp email yg dpt dikirim per jam-nya ?

    pastikan jg seting-an “delay”-nya jg / cron job agak tdk terbebani saat subsribers sdh bnyk.

  6. masing-masing punya kelebihan, tapi lebih nyaman pakai yang sewa.

  7. chikmonk says:

    autoresponder itu apa yach ??
    maaf lom ngerti

  8. betul pilihlah autoresponder yg berkualitas, kemarin pakai penyedia lokal ..huhh…ternyat a hanya bertahan 3 bulan hbs itu pemilik AR bilang gak bisa melanjutkan lagi krn ternyata dia sendiir pakai shared hosting..

    kapok dah..

  9. adi says:

    ada juga autoresponder buatan anak bangsa. Memang tidak sebaik buatan luar namun harganya tidak terlalu mahal.coba aja klik mulxim.com dan indoresponder.com (ditutup karena kata mas cosa diatas–>kelebihan muatan bro)

  10. Dulu saya pernah menginstall script autoresponder yg bebrasis cgi itu di server sendiri, awalnya sih lancar2 saja, tapi setelah data subscriber jadi banyak, dpt email peringatan dari pihak hosting bahwa script AR saya itu terlalu memberatkan server. Ya udah, akhirnya make jasa pihak ke 3 saja. Selain lebih nyaman, juga gak bakalan di banned, soalnya bisanya penyedia AR itu menggunakan Dedicated Server.

  11. pindar says:

    pernah pake autoresponder sendiri, ternyata malah repot karena jumlah email dibatasi. Baru terpikir untuk pake autoresponder pihak ketiga, tapi masih mencari yg mana. Kalo autoresponder Indonesia ada yang recommended gak ya ?

  12. Sebenarnya sy kurang paham dengan AR tapi nekat gunain Getresponse, Alhamdulillah sekarang sudah ada ratusan subscriber, yg jadi sedikit pertanyaan bagaimana memaksimalkan list yang ada agar lebih optimal lagi, sukses

  13. Anda juga akan terbebas dari beban biaya tambahan (serta resiko ditendang oleh hosting Anda) yang mungkin muncul >>> ini kok bisa mas…alasannya apa ya…mohon pencerahannya nih…kamsiah….salam kenal juga, haris

    • semakin banyak subscriber, pemakaian resource server kemungkinan besar akan bertambah. jika itu terjadi ada 2 alternatif (tergantung kebijakan hosting), antara (1) dikenai overcharge, ato (2) ditendang dari hosting 🙂

  14. Berarti sekarang pilihan untuk AR Indonesia cuma mulxim.com ya?

    Tapi saya lihat situs indoresponder bis a di akses tuch?

    Memang beberapa waktulalu saya dengar indoresponder udah tutup

    jadi bungung?

    Trims untuk artikelnya pak Cosa, sukses selalu.

    Salam

    • arif says:

      indoresponder sudah diakuisisi oleh mulxim. sistem lama tetap dipakai untuk mempermudah member lama. Walaupun jadi satu manajemen, namun menggunakan server yang berbeda.

  15. kalau untuk permulaan sih saya kira lebih baik pakai script sendiri, nah kalau sudah ramai baru pakai piha ketiga,

    kan pada awal2 kita ga tahu bakal ramai ato ga, klo keburu pakai pihak ketiga, bisa bangkrut duluan, besarpasak dari pada tiang.

    syaratnya, selalu awasi p[erkembangannya…jangan kelupaan ntar keburu ditendang pihak hosting, kan malu sama pengguna,

Leave a Reply