Bagaimana Mempersiapkan Presentasi Untuk Dijadikan Video Dalam Waktu 7 Menit Atau Kurang

October 26th, 2009 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

Panjang ya judulnya, hehehe. Yah, tulisan kali ini masih berhubungan dengan artikel sebelumnya, sama-sama tentang video marketing atau pemasaran melalui video. Kalau kemarin kita sudah belajar bagaimana caranya mengubah slide presentasi PowerPoint menjadi video, sekarang kita akan coba belajar trik-trik untuk membuat slide presentasi PowerPoint dalam waktu 7 menit atau kurang! Oke, gak harus 7 menit sih, maksimal 10 menit lah. Dengan asumsi proses konversi dari PPT ke AVI memakan waktu 5 menit, maka 4 video per jam adalah target yang sangat masuk akal.

Yang pertama perlu diingat adalah, presentasi yang harus Anda siapkan tidak perlu panjang. Yang penting isinya mengena dan tepat sasaran. Sasaran Anda, apabila orang melihat video presentasi tersebut, they get what you’re talking about dan mereka akan tertarik untuk berkunjung ke situs Anda atau ke situs produk yang Anda ‘promosikan’ di video tersebut. Oleh karena itu, 3 sampai 7 halaman slide presentasi sudah lebih dari cukup.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mempersiapkan presentasi Anda dalam waktu singkat:

  1. Cari artikel yang berhubungan dengan topik presentasi yang ingin Anda buat. Baca secara cepat dan cari kalimat inti dari masing-masing paragraph (jika ada). Tuliskan masing-masing kalimat inti tersebut ke dalam slide tersendiri.
  2. Hampir sama dengan cara pertama, tapi gunakan artikel atau tulisan di blog Anda sendiri.
  3. Cara ketiga saya kembangkan dari tehnik menulis cepat yang diajarkan oleh Robert Plank di TimeManagementOnCrack. Mula-mula, tentukan topik dari presentasi yang ingin dibuat, dan selanjutnya tuliskan 3 pertanyaan (3 slide) yang berhubungan dengan topik tersebut. Beri waktu pada diri Anda sendiri untuk menuliskan masing-masing pertanyaan tersebut dalam waktu tidak lebih dari 1 menit. Nah selanjutnya, untuk masing-masing pertanyaan, tuliskan jawaban yang sesuai, antara satu hingga tiga jawaban per pertanyaan. Sama seperti sebelumnya, batasi waktu Anda hingga 1 menit untuk menjawab masing-masing pertanyaan tersebut. Ditambah dengan penentuan topik sebelumnya yang diasumsikan memakan waktu 1 menit, maka dalam waktu 7 menit saja Anda sudah memiliki sebuah presentasi yang siap untuk dijadikan video! Ya, ini tidak mudah, butuh latihan, namun jika berhasil, maka Anda telah sukses mengefisienkan waktu kerja Anda, sekaligus meningkatkan nilai jual Anda di bisnis internet. Untuk mendukung prosesnya, unduhlah software StopWatch atau Timer. Salah satunya ada di sini (free).

Bagaimana? Siap untuk menggempur situs-situs video sharing dengan video-video presentasi Anda? Sudah tidak ada lagi alasan untuk bilang bikin presentasi itu sulit loh!

Instant Internet Business Ideas

15 comments

  1. Mizwar says:

    Mantep bener…………..ilmu lagi nih. Thanks a lot Om

  2. kaskus says:

    Sangat Mudah dan sangat Berguna Thanks Mas bro

  3. rajin banget nulis artikel mas hehehe… aku udah install camtasia, tinggal beli buku panduan nya di gramedia neh

  4. pensiun kaya says:

    untuk sementara perangkat multimedia saya masih terbatas, insyaAllah ke depannya diusahakan untuk memilikinya sebagai modal dasar mutlak berbisnis online

  5. pensiun kaya says:

    komentar ku ga muncul ya mas? bisnis internet memang menggiurkan, apalagi promosi menggunakan sarana multimedia yang tersedia di internet itu sendiri

  6. abu azzam says:

    info yg sangat bermanfaat, terutama untuk para newbie.thx

    abu azzam

  7. Asli…saya kasih 2 jempol untuk inspirasi-nya thanks yo Mas Cosa

  8. reez says:

    wahhh… terima kasih infonya… sangat bermanfaat..

  9. mantebb..mantebb ( bukan dalang loh mksudnya 😀 )artikel nya aja udh brmanfaat bgt,jd member tinggal ngunduh ebook2 yg lbh brmanfaat, gimana produk yg dijualnya? wah ga kebayang pasti mantabb bgt dah 😀

  10. defacebooks says:

    saya pakai camtasia bos.. tapi ntar tak coba caranya situ 😀

  11. wah om Cosa memang betul publiser yang
    selalu update and memberikan yang terbaik buat para member and non member paduan dasar

    makasih om cosa idola ku

  12. jaka says:

    wah bagus banget nich.
    thanks ya bos… ilmu baru buat masarin produk gue…

Leave a Reply