Bug dan Upgrade

May 10th, 2010 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

Seperti disebutkan sebelumnya, ada berita buruk minggu ini. Ya, ternyata ada sedikit masalah pada script membership yang digunakan di PanduanDasar.Com. Meskipun sedikit, namun masalah tersebut cukup mengganggu. Bug pertama adalah laporan komisi affiliasi yang ternyata tidak sinkron dengan data komisi sebenarnya yang diperoleh oleh affiliate. Di sini, meski sebenarnya seorang affiliate mendapat komisi affiliasi, namun pada laporan akhir komisi datanya tidak muncul alias dianggap tidak mendapat komisi. Padahal, jika ditelusur, sebenarnya affiliate yang bersangkutan memperoleh komisi. Jadi yang bermasalah pada proses pelaporan datanya.

Masalah ini sendiri sebenarnya sudah ada sejak bulan lalu, dimana total komisi affiliasi bulan lalu lebih rendah dibanding rata-rata komisi affiliasi yang harus saya bayar. Waktu itu saya tidak sadar karena saya pikir memang ada penurunan penjualan berhubung big promo PanduanDasar.Com baru usai diadakan. Namun bulan ini ternyata laporannya lebih ajaib lagi karena tercantum hanya beberapa orang saja yang berhak memperoleh komisi. Bahkan default referral yang menggunakan ID saya pun termasuk yang tidak mendapat komisi, hehehe. Dan ya itu tadi, setelah diselidiki, ternyata memang ada ketidaksinkronan laporan dengan data komisi sebenarnya.

Bug yang kedua masih berhubungan dengan yang pertama. Pada script aMember, setelah komisi dibayarkan secara manual, saya perlu menandai komisi yang bersangkutan agar statusnya dianggap sudah terbayar dan affiliate yang bersangkutan memperoleh informasi melalui email bahwa komisi mereka sudah dibayar. Setelah saya perhatikan, ketika bulan lalu langkah di atas saya lakukan, ternyata tidak semua data komisi terproses sempurna. Artinya, ada beberapa affiliate yang tidak menerima email konfirmasi plus pada laporan individu hasil komisi masih tercatat bahwa komisi mereka belum terbayar.

Berhubung akan butuh waktu lama untuk menelusuri jejak komisi tiap-tiap affiliate yang berhak, maka saya putuskan untuk sekalian saja meng-upgrade script aMember yang saya gunakan ke versi terbaru yang kebetulan dirilis sekitar 3-4 minggu lalu. Kendala dalam upgrade ini sendiri adalah, proses upgrade akan menghapus semua template aMember yang sudah saya buat — yang Anda lihat pada ย halamam membership Anda di PanduanDasar.Com — dan saya harus melakukan modifikasi ulang terhadap template yang ada agar sesuai dengan template sebelumnya. Semoga saja bisa lancar dan tidak ada kendala. Dan yang terpenting, semoga masalah laporan komisi di atas bisa terselesaikan begitu script usai di-upgrade.

Untuk modifikasi template akan saya lakukan di dummy site, jadi insyaallah tidak akan ada masalah dalam pengaksesan situs PanduanDasar.Com selama proses ugprade berlangsung. Beberapa ebook baru sudah siap dirilis, tapi saya masih menunggu hasil uji coba dari sistem file distribusi yang baru. Jika Anda sedang tidak kerjaan ๐Ÿ™‚ atau termasuk yang bermasalah dengan sistem file distribusi yang digunakan PanduanDasar.Com sebelumnya, mohon waktunya untuk mencoba file distribusi ebook yang baru di sini. Sejauh ini, rate of success-nya lebih besar ketimbang sistem yang lama. Bahkan kabarnya juga sudah bisa dijalankan di Windows 7! Oleh karena itu, agar lebih pasti, monggo ikutan nyoba yah ๐Ÿ™‚

SEO Complete Guide for Wordpress

6 comments

  1. adi says:

    mas cosa, klo dari link saya ternyata ada order/beli dan tidak tercatat bagaimana?

  2. dian sonata says:

    Maaf mas, saya mau tanya mengenai masalah komisi nih. menurut laporan affiliate saya mendapat penjualan di bulan april, tapi kok sampai sekarang saya belum menerima pembayaran, apakah masih ada bug di script panduan dasar. maaf ya mas, terima kasih

  3. risky says:

    makasih infonya…

Leave a Reply