List Building vs Community Building

November 29th, 2009 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

Kunci keberhasilan affiliate marketing adalah adanya jaringan prospek yang besar. Apalagi jaringan prospek yang benar-benar terfokus dan antusias dengan jenis dan topik produk yang kita tawarkan. Percuma kan jika punya anggota jaringan dalam jumlah banyak, namun mereka adem ayem dan tidak merespon tawaran-tawaran yang kita kirimkan. Oleh karena itu, kesulitan sesungguhnya dalam membangun list adalah bukan dari segi kuantitasnya, melainkan dari segi kualitas.

Umumnya, jaringan prospek dibangun dengan melalui media email. Metode ini dinamakan list building. Di sini, kita memanfaatkan layanan autoresponder semacam GetResponse untuk menawarkan produk sekaligus berkomunikasi dengan anggota list kita.

Langkah umum dalam melakukan list building adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan autoresponder
  2. Siapkan produk gratis dengan materi yang sesuai dengan list yang ingin kita bangun. Anda bisa membuatnya sendiri atau menggunakan produk-produk PLR / MRR yang diijinkan untuk dibagikan secara bebas.
  3. Tawarkan produk gratis tersebut. Namun untuk mengunduhnya, orang harus memasukkan nama dan email mereka ke dalam form autoresponder untuk list yang telah kita siapkan.
  4. Kirimkan produk gratis tersebut melalui autoresponder (bisa diatur agar mem-followup pendaftaran anggota dengan mengirimkan link download produk gratis tersebut).

Langkah berikutnya adalah merawat list yang kita miliki untuk membangun trust dan loyalitas anggota list terhadap kita. Untuk yang satu ini akan dibahas di lain artikel.

Nah, seiring dengan berkembangnya teknologi web 2.0 dan situs-situs jejaring sosial, maka muncul alternatif lain dari list building, yaitu Community Building. Di sini yang dimanfaatkan adalah blog dan situs-situs jejaring sosial semacam Twitter dan Facebook. Secara umum, konsep keduanya hampir sama. Hanya, jika pada List Building kita mengumpulkan prospek terlebih dahulu baru membangun trust dan loyalitas, pada Community Building kita membangun trust dan loyalitas terlebih dahulu untuk membentuk sekumpulan prospek.

Perbedaan lain adalah, pada Community Building umumnya kita tidak menawarkan produk gratis, melainkan informasi yang berhubungan dengan list yang ingin kita bangun. Kuncinya adalah cara penyampaian informasi dan bobot dari informasi itu sendiri yang harus bisa menunjukkan secara eksplisit bahwa kita memang menguasai topik yang bersangkutan. Dibandingkan List Building, cara ini memang lebih sulit dan lebih makan waktu, namun list yang dihasilkan akan memiliki tingkat loyalitas yang lebih besar.

Yang terbaik? Tentu saja gabungan dari keduanya :) Namun jika Anda merasa tidak punya banyak waktu gara-gara nonton film 2012, maka List Building-lah jawabannya.

See you in the next article :)

SEO Complete Guide for Wordpress

42 comments

  1. buat saya, community building jauh lebih fun dan trustable, karena ada data2 kita, serta foto kita yang lucu2 dan narsis2.

    saya sendiri suka malas membaca email yang datang dari autoresponder.. apalagi member2 saya? wkwkwkwk

  2. kalo baca email autoresponder yang dr IM luar, memang rada males, isinya jualanan aja, dgn kata2 yg bombastis dan mengada ada. tapi mbaca yg lokal, hmm lumayan seneng. jadi bisa tahu perkembangan, topik yang sedang hangat, produk yg lagi rame dibicarakan sekaligus belajar byk hal. memang untuk awal, saya fokus di pasar lokal dulu. maklum masih byk dinding keterbatasan yang harus di dobrak. dan ini butuh waktu.

  3. Amang Lolu says:

    Gabungan kedua cara itu memang ampuh. Membangun list building relatif lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang banyak. Sedangkan community building membutuhkan waktu. Community building dilakukan apabila kita benar-benar menguasai bidang yang bersangkutan. Kalau tidak, bisa kehilangan trust dari komunitas.

  4. Amang Lolu says:

    Lebih seru community building. Kesannya lebih akrab.

  5. pensiun kaya says:

    community building lebih user friendly dan lebih up to date, karena orang lebih suka lihat status fB ktimbang cek email :-)

  6. setuju, kalau keduanya digabung pasti dahsyat. Semakin loyal, semakin bagus buat kita.

  7. Kedua-duanya bagus, asalkan isinya berbobot. Maksudnya isi email atau info yang dibagikan itu benar-benar berisi informasi, bukan sekedar penawaran produk atau info update blog doang.

    Saya sendiri mendaftar hampir di setiap optin yang saya jumpai…. :)
    Selain kepingin tahu apa produk gratis yang dibagikan (walaupun pada dasarnya isinya gak jauh beda), juga kepingin tahu informasi-informasi, tips-tips, atau pembelajaran-pembelajaran yang diberikan di dalamnya.

    Tapi kalau ternyata isinya cuma penawaran-penawaran atau update-update blog doang, biasanya saya langsung unsubscribe, kecuali isi blognya memang bbenar-benar berbobot kayak panduandasar.com ini. *ngrayu* :D

  8. selain getresponse apa lagi mas? rapidresponsbot gmn ya? list building emang paling top buat affiliate.. tapi yaitu harus di rawat dan punya database yang solid :)

  9. kalo untuk long term nampaknya Community Building lebih mengena.

  10. saran buat newbie, pake autoresponder gratisan dulu. Setelah lancar baru pake autoresponder yg berbayar. Skrg ada juga yg lokal, tapi bagus. Buat latihan lah, sebelum menyeruisi list building

  11. Wah, kayaknya untuk marketing di Indonesia emang lebih cocok pake community building karena mayoritas pengguna internet kan cuma facebookan doang…heheheeh :D

  12. darknight says:

    Harusnya emang mulai list building niy,, tapi apa daya masih bingung produk digital apa yang harus dijual, jadi ntar dulu deh :)

  13. List building memang penting, tapi musti invest di autoresponder ya.

  14. Kaos Kreatif says:

    Hmm..ulasan singkat namun bagi saya sangat mendalam gan…up..up..up..lanjutkan..

  15. Thiar Thea says:

    List Building kayaknya lebih sederhana. Tapi ada gak sih Autoresponder yang gratis tapi mantab?

    • biasanya ada free trial, gratis tapi list dibatasi cmn bbrp subscriber aja. kalo mau yg bener2 free sih bisa install script autoresponder sendiri, cuman imbasnya, butuh server yg bagus. kalo gak ya sama aja, bisa keok, hehehe

  16. List building lebih favorit.

  17. Ali | Dudut says:

    suwun pol mas.. banyak sekali hal dan ilmu yang bisa ane dapat disini.. nuhun pisan kang..

  18. Ardiawan says:

    halo.. Mas Cosa! Tetap sukses ya!

  19. owgh begitu…
    mantap! terima kasih untuk pencerahannya… selalu dapet ilmu yang mantap2 diblog mas cosa yang mana aja..

  20. rimut says:

    nice info. many thanks

  21. suryamalam says:

    saya pikir List Building vs Community Building sama baiknya kalau di gabungkan pasti lebih mantap.

  22. zodiakzone says:

    Ampuhan List Building. Justru dari List Building bisa membangun community building

  23. Any tutorials out there how to become expert in List Building ?–:

  24. Alex Long says:

    list building is very important also in affiliate marketing;~;

  25. List Building , lebih ane minati.

Leave a Reply