Membuat Banner Secara Online

October 21st, 2009 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

logoKalau sebelumnya kita sudah belajar menggunakan berbagai layanan gratis untuk membuat cover ebook, membuat form kontak, dan juga membuat form survey, sekarang kita akan mencoba untuk membuat banner bagi situs, blog, atau mungkin produk bisnis internet kita dengan memanfaatkan (lagi-lagi) layanan gratisan bernama My Banner Maker. Dari beberapa layanan sejenis yang sudah saya coba, layanan yang diberikan oleh MyBannerMaker.Com inilah yang paling ajib. Selain mendukung banyak sekali format ukuran banner, dari yang umum sampai yang gak umum, kita juga bisa mempercantik banner yang kita buat dengan berbagai efek tulisan yang menawan. Contoh hasilnya bisa dilihat di bawah ini.

091021-DfD86vtcf2q1

Untuk mulai membuat banner, ada 5 langkah mudah yang harus kita lalui:

  1. Pilih dimensi ukuran dari banner yang ingin kita buat. Dari berbagai pilihan yang ada di tab Size, Anda tinggal mengklik salah satu dimensi ukuran yang Anda inginkan. Defaultnya adalah 728×60.
  2. Tentukan latar belakang dari banner Anda. Pada tab Background, Anda bisa menentukan gradasi warna dari latar belakang banner Anda atau jika Anda memiliki koleksi gambar background, Anda bisa mengunggahnya di sini.
  3. Atur dan tentukan tulisan / teks yang ingin ditampilkan pada banner. Pada tab Text, Anda bisa memasukkan maks. 4 baris tulisan pada banner Anda. Masing-masing tulisan dapat diatur jenis fontnya, ukuran font, warna, hingga sudut kemiringan. Selain itu, Anda juga bisa mengatur posisi dari masing-masing baris tulisan tersebut.
  4. Tentukan garis pinggir banner Anda. Jika diinginkan, pada tab Border Anda dapat mengatur ukuran dan warna garis pinggir dari banner Anda. Biasanya sih tidak begitu perlu, tapi tidak ada salahnya jika Anda ingin efek yang lebih menarik bagi banner Anda.
  5. Tentukan efek / animasi pada banner Anda. Jika diinginkan, Anda juga bisa menambahkan efek animasi pada banner Anda. Biar lebih meriah dan eye catching gitchu. Caranya? Kunjungi saja tab Effect dan pilih efek yang diinginkan pada bagian Special Effects.

Sampai di sini sebenarnya banner Anda sudah siap. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyimpannya ke komputer Anda. Caranya, pada tab Save, pilih Download It, dan kemudian tekan tombol Save The Banner. Di halaman berikutnya Anda bisa menyimpan banner Anda dengan cara mengklik kanan banner tersebut dan memiliki Save Image As. Beres.

Loh, kok bannernya ada ‘iklannya’? Ya, jelas dong, namanya juga layanan gratisan, harus pasrah terima apa adanya, hehehe. Kalau gak mau ada iklannya, daftar saja sebagai VIP member mereka. Murah kok, cuma $25 saja per tahun. Mau?

SEO Complete Guide for Wordpress

29 comments

  1. iphin cow says:

    lumayan keren sayang ada iklannya 🙁

    makasih infonya mas cosa 🙂

  2. andi says:

    makasih om..

    om blog ini ada WordPress database error

    di perbaiki donk om…

  3. Stlh di buat.. edit aja dgn sotosop / adobe image ready

  4. trims mas infonya langsung sya coba ah

  5. Habib Yunus says:

    Program affiliasi yang Anda tawarkan untuk member PDC gratis tidak…? Maksudnya siapa saja bisa ikut meski belum membeli salah satu, salah dua atau salah tiga produk PDC…? Jika iya berapa komisinya…? Terima kasih… sukses selalu

  6. Nice inpoh mas, menuju tkp

  7. wah… mantap nie
    kebetulan saya juga nyari tutorial seperti ini.
    thanks ya mas Cosa 🙂

  8. Sofwan says:

    Keren sich…tapi agak mahal juga sich…
    klu lagi butuh buat banner dalam jumlah banyak dalam waktu cepat, situs ini bisa jadi rujukan.

    Thanks ya om…

  9. Kalau saya dapt infonya dari Mas Oom (agus ramdhani).

    Membantu banget.

  10. Septian says:

    Mantep tapi sayang berbayar…Sotosop aja dah Mas 😀

  11. hastine says:

    mantap….thankyu so mat…

  12. Siip trims’ dapat memperindah web saya di kuliahbersama.com.. ayoo lihat..

  13. okta says:

    tinggal belajar photoshop aja bikin baner mah, lebih puas..

  14. web design says:

    pakai firework aja juga bisa…ga ada iklannya…

  15. pensiun kaya says:

    bagus sekali tutorial making banner nya mas, sayang ada iklannya:-) tapi ga pa pa kan namanya juga gratisan, kita sharing saja ama yang punya

  16. otomatisasi pembuatan banner jadi lebih mudah dengan hasil yang tidak mengecewakan, patut dicoba ini om cosa

  17. matping says:

    lumayan lah buat referensi buat baner online,gratis lagi

  18. dgs says:

    saya mau buat banner buat apa yah.
    saat ini belum ada yang dipromosikan

  19. Walah…sepertinya informasi ini sangat penting sekali buat kita sebagai pemula. Saya coba langsung praktekkan dech nanti. Thank’s, ya.

  20. reez says:

    wahh bisa dicoba neh… thanks…

  21. daniel says:

    Keren-keren, dicoba bang 🙂

  22. wah mantab nih om sharingnya buat bagusin blog ane terima kasih ya pak salam sukses

Leave a Reply