Mengenal File Distribusi PDC dan Cara Membukanya

December 17th, 2009 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

Sejak produk Instant Internet Business Ideas versi 1.1 dirilis, PanduanDasar.Com (PDC) memang memperkenalkan sistem file distribusi produk, khususnya ebook, yang berbeda. Tidak lagi menggunakan format PDF, melainkan format aplikasi EXE. Keputusan ini sengaja diambil untuk mengurangi tindak pembagian ilegal terhadap produk-produk PDC yang berlangsung di beberapa forum warez. Namun tidak dapat dipungkiri, penggunaan format baru tersebut tidak sepenuhnya berjalan mulus karena ada sebagian pelanggan PDC yang kesulitan dalam membukanya. Oleh karena itu, saya sengaja menulis artikel ini agar pelanggan lebih mengenal format file distribusi PDC tersebut dan bisa mengetahui (serta memperkirakan) solusi dari permasalahan yang mungkin muncul.

Yang mula-mula perlu dipahami adalah struktur dari file distribusi itu sendiri. Coba perhatikan gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Clip_35

Dari gambar di atas, terlihat bahwa file distribusi yang berupa aplikasi EXE sebenarnya hanya merupakan ‘pembungkus’ dari file PDF yang dibuka dengan menggunakan Internet Explorer.

Dua hal yang dapat disimpulkan:

  • Internet Explorer hanya ada di sistem operasi Windows, oleh karena itu secara otomatis file distribusi PDC hanya bisa dibuka di sistem operasi Windows.
  • Satu-satunya program pembaca PDF yang mendukung integrasi penuh dengan Internet Explorer adalah Adobe Acrobat Reader, oleh karena itu, untuk membaca materi ebook yang terdapat di dalam file distribusi PDC, software Adobe Acrobat Reader versi 9 ke atas harus sudah terinstall.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan komputer Anda agar lancar membuka file distribusi PDC:

  • Pastikan software Internet Explorer terinstall (biasanya secara default sudah terinstall dalam Windows) dan berjalan dengan lancar.
  • Unduh dan install software Adobe Acrobat Reader versi terbaru.
  • Restart ulang komputer Anda.
  • Jalankan software Internet Explorer dan buka file PDF apa saja melalui menu File – Open. Jika file PDF bisa terbuka, berarti sistem Anda sudah siap untuk membuka file distribusi PDC.

Sayangnya, harus diakui juga bahwa terkadang ada masalah yang tidak jelas ujung pangkalnya. Dari situs software pembuat file distribusi PDC pun tidak ada kejelasan solusi dari masalah tersebut. Beberapa masalah yang tidak jelas sumbernya, dengan asumsi langkah persiapan di atas telah dilakukan dan berjalan dengan sukses:

  • Muncul kotak dialog error pada saat file distribusi PDC dijalankan. Kemungkinan besar disebabkan oleh adanya komponen Windows yang tidak diketemukan / tidak terinstall karena beberapa pelanggan berhasil mengatasi masalah ini dengan cara membuka file distribusi tersebut di komputer yang lain.
  • Materi utama (PDF) tidak terbuka dan muncul tanda silang di pojok kiri atas, meskipun pada tahap persiapan Internet Explorer bisa membuka file PDF dengan lancar. Tidak jelas penyebab maupun solusinya, tapi beberapa alternatif solusi berikut ini bisa dicoba:
    – Restart Windows dan coba kembali menjalankan file distribusi PDC.
    – Buka  Internet Explorer dan Adobe Acrobat Reader, baru setelah itu jalankan file distribusi PDC.
    – Buka tutup berulang kali file distribusi PDC hingga materi utama bisa terbaca.

Berhubung memang untuk saat ini baru ada satu software (dengan harga terjangkau) yang bisa menciptakan file distribusi PDC, maka terus terang saya (dan juga teman-teman yang lain) terpaksa harus stick with it. Tapi semoga saja, dengan adanya penjelasan di atas, maka teman-teman bisa mencoba untuk mencari solusi sendiri apabila ternyata file distribusi PDC yang didapat tidak bisa dibuka dengan sempurna 🙂

Art of Stealing Wordpress Themes

23 comments

  1. iphin cow says:

    yeees! Pertamax………….

  2. iphin cow says:

    alhamdulillah selama ini belum ada kendala soal ebook produk PDC

  3. Amang Lolu says:

    Sama, belum menemukan kendala dalam membuka file-file distribusi PDC tersebut.

  4. bikin web says:

    Menurut aku .. enak lsg pake file pdf
    g usah pake exe . di password lg.
    Saran aja nih gan, .. Lsg aja bungkus zip,
    upload, kita unduh , extrak
    lsg deh di baca … simple. Ya spt yg dulu itu

  5. kalo kg bgm di kasih jangka waktu bos? bisa expiert tuh ebook. misal berapa bulan, yah namanya pembajak sih bisa di mana aja sih ya.. susah di hapus.. kita fokusnya mah sama yg mau beli produk kita aja bos. Kasih nilai tambah.. kan kaya si bos dah mau berkunjung ke kota2 yg dah beli ebooknya si bos mah itu dah merupakan nilai tambah yg bagus bener tuh.. kalo ngambil yg bajakan, kg bakalan ketemu si bos kan..

  6. budiaza09 says:

    Alhamdulillah.. untung mas membuat kembali tutorial ini (dengan diagram lingkaran di atas saya lebih mengerti) stelah berkali2 gagal dengan tutorial yg dahulu.

    penjelasan di atas saya rasa panjang (maaf):
    inti tutorial (kalau boleh diringkas)
    ~ dah beres install adobe 9 ke atas
    ~ buka IE
    ~ dari IE browser tekan “control+O” kemudian pilih tampilkan “all file”
    ~ pilih “seocompleteguideforwpv12.exe”

    trimakasih mas Cosa^^ saya merasa versi baru .exe ini akan sangat berguna memerangi pembajakan… amien

  7. intips says:

    saya mengalami masalah yang sama seperti diatas.. tp setelah upgrade windows xp sp3 dan install adobe 9.2 alhamdulillah semua kendala bisa teratasi 😀

  8. Thiar Thea says:

    sedihlah saya yang pengguna mac os … gak bisa jalanin EXE hiks hiks…

  9. Best DVD Buy says:

    Mas kalo pake Foxit Reader bisa gak ya? Kan sama-sama ada plugin untuk bisa buka di browser?

    Maklum produk yang lama masih yang pdf. Tapi gak kusebar koq, ’eman-eman’ bajak produk berkualitas. Hehehe…

  10. wahyu says:

    aku dah utak-atik sejak 5 hari yl. kukerjakan apa yg dirokendasikan : adobe reader 9, free dmngr; dll, tapi kok belum bisa bisa buka file utama yaaa…mohon pencerahannya, makasih

Leave a Reply