Menghitung Nilai Jual Anda

October 31st, 2009 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

Dalam bisnis, termasuk bisnis internet, kesuksesan tidak dihitung berdasarkan keuntungan bersih semata. Ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi, namun yang utama adalah efektivitas sistem kerja yang kita gunakan. Semakin efektif sistem kerja yang kita lakukan, maka waktu kerja yang kita perlukan juga semakin sedikit, tanpa mengurangi (atau bahkan justru meningkatkan) produktivitas. Cobalah baca buku The 4 Hours Work Week jika Anda belum membacanya dan rasakan betapa nikmatnya sebuah kesuksesan dimana kita memanfaatkan waktu kerja kita secara maksimal.

Setiap orang memiliki tingkat kesuksesannya masing-masing. Dan salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan memperhitungkan ‘nilai jual’ mereka. Seperti apa sih nilai jual itu? Gampang-gampangannya sih, coba lihat para professional yang men-charge bayaran mereka dengan hitungan per jam. Seperti misalnya konsultan, psikolog, web developer papan atas, dan sebagainya. Nah, nominal yang merupakan gaji per jam tersebut lah yang setara dengan nilai jual. Dan jelas, semakin baik reputasinya, semakin bagus hasil kerjanya, maka nilai jualnya juga akan semakin meningkat.

Bagi kita para pebisnis internet, nilai jual ini dapat dihitung dengan mengkalkulasikan penghasilan bersih kita tiap bulan dengan waktu kerja yang kita habiskan selama 1 bulan tersebut.

Contohnya seperti ini.

Bulan ini, si A memperoleh penghasilan dari Google AdSense sebesar $1,000 dan dari Amazon sebesar $500. Total pengeluaran si A untuk hosting dan promosi adalah sekitar $300. Setiap harinya, A bekerja selama 4 jam, termasuk hari Sabtu dan Minggu. Dari ilustrasi ini dapat disimpulkan bahwa penghasilan bersih A adalah $1000 + $500 – $300 = $1,200, sedang total waktu kerja yang ia habiskan adalah 4 * 30 (asumsi 1 bulan = 30 hari) = 120 jam. Dengan demikian, nilai jual si A adalah $1,200 / 120 atau sama dengan $10 / jam.

Contoh lain, si B bulan ini menghasilkan $700 dari Clickbank dengan pengeluaran sebesar $60. Karena masih bekerja penuh di kantor, maka si B hanya berbisnis internet ria pada hari Sabtu dan Minggu, masing-masing 2 jam. Dari sini dapat dihitung bahwa pendapatan bersih si B adalah $640 dan total waktu kerjanya adalah 2 * 2 * 4 (asumsi 1 bulan ada 4 minggu) = 16 jam. Maka, nilai jual B adalah $640 / 16 atau sama dengan $40 / jam.

Dari kedua contoh di atas dapat dilihat bahwa nilai jual seseorang tidak ditentukan oleh jumlah uang yang ia dapatkan, melainkan justru dari berapa lama waktu yang ia habiskan untuk bekerja. Dan ingat, seperti sudah disebutkan sebelumnya, semakin efektif sistem yang kita miliki, semakin sedikit pula waktu kerja yang kita butuhkan. Therefore, akan meningkatkan nilai jual yang kita miliki.

Oleh karena itu, salah apabila kita beranggapan bahwa orang yang sukses adalah orang yang penghasilannya besar. Yang lebih tepat, orang yang sukses adalah orang yang bisa berpenghasilan besar dengan hanya sedikit bekerja. Itulah nilai kesuksesan yang sesungguhnya.

Dan sekali lagi perlu diingat, bahwa sedikit / tidak bekerja bukan berarti ongkang-ongkang kaki di kamar, ya 🙂 Sedikit bekerja adalah memanfaatkan waktu dan sumber daya dengan sebaik-baiknya. Nah, sudahkah Anda melakukannya?

Panduan 28 Hari Menguasai SEO

25 comments

  1. selain efektif memanfaatkan waktu, sukses bisnis internet itu bisa diukur dari seberapa besar kepuasan pembeli product qta (klo jualan product), baik itu dari testimoni ato loyalitas mereka nungguin jadwal rilis barang anyar qta… 😉

  2. semoga saya bisa lebih menanfaatkan waktu lebih optimal

  3. wox says:

    setubuh juragan….
    jadi inget prinsip ekonomi…

  4. Setuju !

    Itu mungkin yang sering disalahartikan oleh masyrakat pada umumnya tentang ” ah jangan jadi orang kaya, rumahnya aja jarang ditemapatin dan keluarga gak keurus ” .

    Itu pengertian yang salam tentang orang kaya…kalo ada orang kaya yang jadi sering ninggalin rumah pulang malem dan keluarga gak diurusin…itu sebenarnya dia gak kaya.. karena dia make seluruh waktunya…

    pokooooooknya rumus : orang yang sukses adalah orang yang bisa berpenghasilan besar dengan hanya sedikit bekerja.

    setuju bangatszzzzz !

  5. Riva Sinjal says:

    Nice share… baru tahu cara hitung nilai jual kita spt ini, so simple tp menunjukkan gambaran secara umum utk menentukan “harga” kita.
    Efektivitas memang perlu ditingkatkan spy kemampuan kita bs dihargai lebih lagi sesuai yg kita inginkan.

    Keep the spirit!

  6. iphin cow says:

    prinsip ekonomi 🙂

  7. verifikasi paypal dengan vcc cuma makan waktu 1-5 menit. berarti saya cukup sukses ya mas?

  8. sofwan says:

    Sekarang masih dlm tahap belajar om Cosa?
    Jadi klu itung2-an malah jadi rugi, ntar malu jadi nggak ada nilai jualnya.

    Hiiikkks….ngaburrrr…..

  9. Adi says:

    Wah, bukunya bagus juga kayaknya tuh bos.
    Boleh kalau dishare di member area 😀
    (Ngarep mode : ON)

  10. casrudi says:

    Mungkin untuk yg awal2 ngeblog (sepertiku) masih boros waktu, karna belum tahu persis jalan (bisnis) apa di internet yang akan diambil.

    Makanya memutuskan jadi member PDC, tujuannya biar ga muter2 dan waktu lebih efisien … 😀

    Makasih Mas Cosa…

  11. mas, komisi PDC sudah saya terima lewat paypal. tapi kok dikonversi 10rb ya.. tinggi banget, rugi dong ekke..

  12. elsadra says:

    mbangun sistem itunya bozz yang perlu kerja ekstra, setelah sistem itu jadi, maka kita bisa lebih sedikit bekerja..

  13. Kalo penasaran berapa seharusnya blog kita bisa mendapatkan penghasilan, coba aja test di websiteoutlook.com. Di situ akan dihitung berapa kira-kira penghasilan blog kita dari ads berdasarkan traffic dan impression.

  14. bayu mukti says:

    belom kayaknya 😀 ckakakaka . masih banyak ongkang-ongkangnya timbang kerjanya 😀

  15. kalo dihitung2 kok nilai jual diriku kecil ya…kalo kerja full time …

  16. Nice Bloger says:

    Nice article, few explanation but has changed my mindset about success.

  17. Mas Dhani says:

    Kapan ya.. saya bisa mencapai kondisi ideal..

  18. Amar says:

    setuju banget ama mas Cosa,
    sukses bukan dinilai dari besar kecilnya penghasilan, tapi bagaimana proses kita mendapatkan penghasilan tersebut dan mengefisienkan waktu kita agar low time high income… he…he…

  19. doeto says:

    iy bettul, ternyata selama ini cara kerja sya masih banyak yg mesti diperbaiki, tengyu uwis diingetke..

Leave a Reply