Mengubah Format Video Dengan Menggunakan Any Video Converter

October 30th, 2009 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

Ada kalanya kita perlu mengubah format video yang telah kita buat agar lebih sesuai dengan sarana distribusi video yang kita tuju. Misalnya saja, video kita berformat MP4, namun situs media sharing yang ingin kita gunakan hanya mendukung video berformat FLV. Kasus lain adalah apabila kita perlu untuk mengubah resolusi atau kualitas video yang kita miliki agar ukurannya menjadi lebih bersahabat. Ingat, semakin tinggi kualitas video kita, maka ukuran filenya juga akan semakin membengkak. Mengingat kondisi internet di Indonesia yang belum cukup ramah, bukan hal yang bijaksana apabila kita menyediakan video kepada pengunjung atau pelanggan kita dengan ukuran 100MB per file. Bisa ngomel-ngomel duluan mereka, hehehe.

Salah satu tool yang sangat saya andalkan untuk keperluan utak-atik format ini adalah Any Video Converter, sebuah software gratisan yang bisa diunduh langsung di sini . Meskipun gratisan, tapi program ini bisa berfungsi tanpa batasan tertentu. Kita bisa mengubah video dari satu format ke format lainnya, menurunkan kualitas video kita, mengurangi resolusinya, dan sebagainya. Tidak hanya itu saja. Program ini juga bisa mengkonversi file audio sekaligus mengunduh video dari beberapa layanan video sharing populer, termasuk YouTube dan Metacafe. Mantap deh pokoknya!

Screenshot Any Video Converter

Cara penggunaannya cukup mudah karena begitu Anda menjalankan programnya, di latar belakang program sudah tertulis apa saja yang harus Anda lakukan. Untuk memperjelas, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Klik tombol Add Video dan tambahkan file-file video (bisa lebih dari satu) yang ingin dikonversi. Anda juga bisa langsung melakukan drag-and-drop ke dalam layar utama Any Video Converter.
  2. Pada dropdown Profile yang ada di kanan atas, pilih format video yang Anda inginkan. Jika diinginkan, Anda juga bisa mengubah parameter yang ada satu-persatu melalui tabel parameter yang ada di bagian kanan (perhatikan gambar di bawah.
    Clip_3
  3. Jika sudah siap, klik pada tombol Convert yang ada di bagian atas.

Selamat mencoba :)

PS: Sudah ikutan kontes Video Marketing?

Panduan 28 Hari Menguasai SEO

15 comments

  1. intips says:

    siip.. tx tutorialnya om

  2. iphin cow says:

    alhamdulillah dapet ilmu baru lagi…
    apalagi yang gratis2 kayak gini nih aku suka :)

  3. Saya jarang make video converter tuh, paling-paling PSP video converter buatan Nick Swardh. Mungkin saat ini belum buth, tapi mungkin di masa yang akan datang saya butuh.

  4. Kalau saya suka dengan Format Factory Pak…

  5. iwan nugroho says:

    saya mau tanya,,,kalu dalam cd kepingan yang biasa di putar di vcd player itu formatnya apa? terima kasih.

  6. iwan nugroho says:

    apakah kalau sudah di ubah, ukuran file akan berubah juga?terima kasih!

  7. sadjie says:

    mantap brow saya jadi bisa banyak belajar,
    eh saya mau nanya soal kualias hasil konveter dari MPEG4 ke VCD
    saya pernah coba tapi kualitasnya agak menurun selain gambar rada pecah klip vidio dan musik jadi agak lambat atau tidak sesuai mulut penyanyi .
    sadjie_21@yahoo.com

  8. akbar says:

    seru kaya nich cobe ah…!!!

  9. Calon hacker says:

    Waaa ini mungkin sangat mantab bro,, ini yg saya cari…

    Wah akhirnya bisa utak2 video d windows nie.

  10. tks bro.. hahaaay
    trus file yg udah di konvert ada dimana bro ?

  11. asriakbar78 says:

    thank’s gan….aq dah coba langsung jadi,anakku dah bisa nonton vidio lagu dihp.

  12. ande says:

    kayak mana ne koq ke hp durasi nya terpotong

  13. hadiansyah wisnu says:

    bang, kan udah di convert misalnya panjang videonya 1 jam 47 menit tadinya videonya mkv mau dijadiin MPEG 4, terus kepotong jadi 13 menit kan suram, itu gimana solusinya bang saya gak tau? Makasih…

  14. NN says:

    setelah saya convert kok video nya gak ada suaranya? itu kenapa yah?

Leave a Reply