Plugin CA-AmazonS3 untuk WordPress

November 14th, 2009 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

Amazon Simple Storage Service (S3) adalah layanan penyimpanan file secara online dari Amazon. Berbeda dari situs layanan sejenis, S3 memungkinkan kita untuk memproteksi akses terhadap file-file yang kita miliki dan hanya memperbolehkan orang-orang tertentu saja yang bisa mengunduhnya. Selain itu, kita juga bisa memberikan akses terhadap suatu file secara terbatas alias dalam jangka waktu tertentu saja. Bahkan, jika Anda jago coding, Anda dapat pula membuat sebuah script yang secara otomatis membackup file-file yang ada di server hosting Anda ke dalam server Amazon S3. Menarik, bukan?

Selain hal-hal di atas, alasan saya menggunakan S3 sebagai server mirror dari file-file PanduanDasar.Com adalah biayanya yang relatif sangat murah. Bayangkan, untuk setiap 1GB ruang harddisk yang Anda gunakan, Anda hanya perlu membayar $0.15 saja. Sedangkan untuk pemakaian bandwidth, biayanya hanya $0.1 / GB (upload) dan $0.17 / GB (download). Sangat terjangkau, bukan? Bayarnya di belakang loh, jadi Anda juga bisa menyiapkan dana di kartu kredit Anda terlebih dahulu.

Bagi Anda pembuat produk digital, layanan ini tentu saja sangat cocok digunakan untuk menyimpan file-file produk Anda. Apalagi jika yang Anda tawarkan adalah file-file video yang berukuran segede gajah bengkak lagi hamil, hehehe. Dan ingat, Anda tidak perlu khawatir bahwa file-file produk Anda akan melanglang buana tanpa seijin Anda karena sistem proteksi akses dari S3 sangat aman dan layak untuk diandalkan.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam menggunakan layanan Amazon S3, PanduanDasar.Com telah membuat sebuah plugin sederhana yang menjembatani blog WordPress Anda dengan Amazon S3. Plugin ini saya beri nama CA-AmazonS3.

Untuk saat ini, saya baru menyediakan satu fungsi saja di dalam plugin tersebut. Meskipun hanya satu, namun fungsi ini lah yang paling banyak dibutuhkan oleh pengguna layanan Amazon S3, yaitu fungsi untuk mempersiapkan download link ke file yang telah Anda simpan di dalam server S3. Itu saja? Tentu tidak. Download link tersebut juga telah diatur agar hanya dapat diakses dapat jangka waktu tertentu saja. Dengan demikian, tidak mungkin akan ada yang menyebarluaskan download link tersebut 🙂

Download Plugin CA-AmazonS3

ca-amazons3.zip (v0.1, 14/11/2009)

Instalasi Plugin CA-AmazonS3

  1. Unduh plugin dari tautan di atas dan install ke dalam blog WordPress Anda. Aktifkan.
  2. Edit plugin tersebut dan ubah konfigurasi Access Key dan Secret Key sesuai dengan data Access key dan Secret Key yang Anda miliki.
    $accessKey = 'Change This With Your Access Key';
    $secretKey = 'Change This With Your Secret Key';
  3. Optional, Anda juga bisa mengubah setting durasi expired default untuk download link yang tercipta. Nilai ini dalam satuan detik dan defaultnya adalah 24 jam (60*60*24).
    $defaultDuration = 60*60*24;
  4. Simpan plugin dengan mengklik tombol Update File.

Penggunaan Plugin CA-AmazonS3

Anda dapat menggunakan plugin CA-AmazonS3 dengan memanfaatkan fitur shortcode bawaan WordPress. Sintaksnya adalah sebagai berikut:

[S3 title="teks download" bucket="nama bucket" filename="nama file" 
duration="durasi expired"]

Contoh penggunaan:

[S3 title="Download here!" bucket="MyPublicFiles" filename="sample.zip" 
duration="10800"]

Untuk parameter title dan duration sifatnya adalah optional, bisa disertakan, bisa juga tidak.

Oh ya, jika Anda belum pernah menggunakan shortcode, maka Anda bisa meletakkannya langsung di dalam artikel Anda (gunakan mode HTML) atau pada template Anda dengan menggunakan fungsi do_shortcode().

Contoh penggunaan dengan do_shortcode adalah sebagai berikut:

<?php
do_shortcode('[S3 bucket="MyPublicFiles" filename="sample.zip"]');
?>

Selamat mencoba 🙂

SEO Complete Guide for Wordpress

27 comments

  1. TOP GAN. Dulu sy pernah cek harga-nya. Kok beda ya. Lebih mahal dari yg ada di postingan ini.

  2. pensiun kaya says:

    baru tahu ada plugin Wp buat nyimpen file-file produk online..makasih dah sharing om, maaf saya ga bisa komentar banyak..maklum masih belajar..:-)

  3. Wah, ilmunya belum sampai sana nih…..

  4. Bisa buat backup situs juga ya,itu bayarnya per action ya mas?

  5. Keren, dipelajari dulu. Sambil buat produk digital. Thanks mas Cosa

  6. Juli says:

    pake bahasa indonesia dong, mas cosa 🙁

  7. mamat says:

    Hi,
    Thanks buat infonya. Pertama juga tau waktu dl ebook seo v terakhir. To be honest. Luambreta buat gw yang pake spidol. Jadi yang sayang anak, silahkan. 😀

  8. bisa jualan vcc di amazon gak?

  9. quickbrown says:

    Link donlot pluginnya kok gak ada?

  10. iniGIS says:

    Saya pake S3Fox mas, add on untuk Firefox, lebih nyaman karena ada GUI yang gampang di klak-klik, fiturnya juga komplit-plit… nih url-nya buat yang butuh http://www.s3fox.net/Features.aspx

  11. matping says:

    bisa gak mas itu buat yimpen cache dari auto content.kalo bisa jozz banget

  12. waduh,salah masuk kelas saya,masih TK baca pelajaran SMP,ndak mudeng he he

  13. David says:

    yah,.. link donlotnya ilang.. hmm coba2 cari yang lain malah dapet yg gratisan kek ini Amazon S3 Grails langsung sedot di http://www.aming.info/plugin-amazon-simple-storage-service/

  14. Anonim says:

    Murah atau mahalnya berbanding lurus dg ukuran file. 😀

    Klo file kecil tentu harga jadi murah (storage kecil, bandwith kecil) tapi klo file gede ya bisa tekor deh.. 🙁

  15. Rico says:

    Gan….pluginnya kok belom di launching ya 🙁 Oh ya itu kok pilihannya cuma USA ama Europe ya…trs bayarnya pake paypal bisa gak gan? makasih..:)

  16. Kieran Adams says:

    i have just signed up with the amazon affiliate program and i am still not earning a good deal of cash from them.`”-

  17. Hunter Reed says:

    Amazon Affiliate program pays much better than other affiliate programs out there.,””

Leave a Reply