Tehnik-Tehnik Affiliate Marketing

November 10th, 2009 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai pengertian dan konsep dasar dari affiliate marketing, sekarang kita akan bicara tentang tehnik-tehnik penerapan dari affiliate marketing. Tapi sebelumnya, karena saya sendiri belum total masuk ke dalam bisnis ini, saya hanya akan menyampaikan tehnik-tehnik yang saya ketahui saja. Untuk belajar lebih detil mengenai affiliate marketing Anda bisa membaca ebook Belajar Affiliate-nya Dini Shanti atau Genius Biz milik Nicko Martanyto (reccomended).

Berikut ini beberapa tehnik atau metode affiliate marketing yang umum digunakan:

  1. PPC Campaign
    Di sini kita menggunakan layanan PPC (Pay Per Click) yang ada untuk mempromosikan produk affiliasi yang kita ikuti. Yang terkenal adalah Google AdWords (luar) dan KlikSaya (lokal).
  2. Article Marketing
    Di sini kita memanfaatkan artikel untuk membuat review, berita, atau bahkan kontroversi mengenai produk affiliasi yang kita ikuti. Tentu saja, di dalam artikel tersebut kita selipkan link URL affiliate kita. Cara ini cocok bagi yang memiliki blog dan kemampuan menulis yang baik. Tidak punya blog? Gak masalah, Anda juga bisa menulis artikel dan mengirimkannya ke situs-situs direktori artikel. Kalau mau keluar sedikit uang, Anda bahkan bisa menyewa jasa paid review untuk menulis review mengenai produk affiliasi tersebut.
  3. Banner Advertising
    Merupakan salah satu cara yang paling konvensional, yaitu dengan menyewa ruang iklan banner di situs lain demi mempromosikan produk affiliasi kita ikuti. Yang perlu diperhatikan di sini adalah kesesuaian antara pengunjung situs (dimana kita meletakkan banner) dengan produk yang kita promosikan. Tidak mungkin kan kita mempromosikan ebook Cara Menanam Bunga di blog tentang balap mobil?
  4. Classified List / Iklan Baris
    Banyaknya layanan iklan baris yang ada memberikan ruang iklan bagi kita secara gratis untuk mempromosikan produk affiliasi yang kita ikuti. Kini bahkan ada software yang mampu mengirimkan iklan ke puluhan bahkan ratusan situs iklan baris secara otomatis. Ebook Genius Biz yang saya sebutkan di atas membahas lebih lanjut mengenai tips trik dalam beriklan di situs iklan baris.
  5. Social Network Marketing
    Seiring dengan trend yang ada saat ini, kita bisa memanfaatkan situs-situs jejaring sosial untuk mengumpulkan prospek dan mempromosikan produk affiliasi yang kita ikuti. Lebih lanjut mengenai tehnik ini dapat dipelajari di ebook dan video tutorial Kaya Dari Facebook Marketing milik Suwandi Chow. Saya sendiri sudah pernah menerapkan tehnik ini dan sukses menikmati 800 penjualan dari produk yang dijual tanpa adanya sales letter dan sistem affiliasi 🙂
  6. Forum Marketing
    Ada dua cara umum di sini. Yang pertama dan yang paling gampang adalah menyertakan informasi tentang produk tersebut (beserta referral link) pada signature kita di forum. Sayangnya, cara ini kurang begitu efektif dan jika gegabah Anda bisa dianggap sebagai spammer forum. Cara kedua, yang lebih baik hasilnya, adalah membuka diskusi mengenai produk yang bersangkutan. Anda memberikan informasi mengenai produk tersebut, sekaligus menanggapi pertanyaan dari orang lain mengenai produk yang Anda promosikan itu. Meskipun kerjanya lebih berat, tapi hasilnya juga lebih lumayan 🙂
  7. Email Marketing
    Yang dimaksud dengan email marketing di sini bukan kirim email ala spammer yah, melainkan ke daftar email yang kita miliki secara opt-in. Sehingga, untuk dapat melakukannya, kita harus terlebih dahulu melakukan proses list building.  Kesuksesan tehnik ini tergantung dari kesesuaian minat orang-orang yang terdaftar dalam list dengan produk yang Anda promosikan, kepandaian Anda dalam berpromosi, serta tingkat kepercayaan mereka terhadap Anda.

See you in the next article 🙂

Panduan 28 Hari Menguasai SEO

24 comments

  1. Good content mas. Saya juga baru membuat kursus gratis bisnis afiliasi cara “darurat” khusus bagi yang belum punya duit.

    Saya mau usul, tolong bahas tentang article marketing khusus untuk pasar Indonesia. Banyak yang belum faham, termasuk saya sendiri. Kemana saja bisa submit artikel dan sebagainya.

  2. pensiun kaya says:

    bermain affiliate di pasar lokal saingannya lumayan banyak juga ya mas…lima teknik dan metode di atas sedikitnya memberikan gambaran bagi pemula seperti saya untuk bisa memulai affiliate marketing..
    thanks

  3. Syahuria says:

    aku masih jauh dari dunia afiliasi…
    ntar aja deh… 😀

  4. Artikelnya singkat padat dan jelas. Kelima teknik di atas memang garis besar dari teknik-teknik afiliasi yang umum.

  5. bluegreen says:

    list building, sepertinya teknik ini yang paling banyak digunakan oleh internet marketer

  6. teknik mana yang terbaik untuk clickbank? dan apakah aman menggunakan software untuk mengirim iklan ke ratusan situs iklan baris?

  7. Sofwan says:

    Dari beberapa teknik diatas, yang mana yang palind disarankan untuk pemula di bisnis internet ini.

  8. kok ada recommended product nya mas? hehehe… jangan2 sambil menyelam minum kopi neh..

    teknik2 di atas lumayan bagus untuk pemula.. jangan lupa, apa yang kita tanam, itu yang kita tuai…

  9. WaktuLuang says:

    Sedikit ralat. Tulisan ‘reccomended’ diakhir paragraf pertama seharusnya ‘recommended’

    🙂

  10. BizIndoTech says:

    diantara ke 5 itu mana yg lebih powerfull mas ?

  11. dodypku says:

    Bisnis Afiliasi menurut saya gampang gampang sulit Mas… sulitnya ketika harus bertarung dengan para afiliasi lain, gampangnya ya karena nggak perlu bikin produk sendiri… tapi model ini cukup pas dicoba apalagi pemula seperti saya…. setidaknya buat biaya internet, sewa domain dan hosting bisa ditutupi dari keuntungannya.. sambil terus belajar menjadi super affiliasi

  12. wah nice info. Kayanya saya baru melakukan 3 dari semua list di atas…

  13. Infonya sangat bermanfaat. Saya paling suka dengan teknik nomor 4.

  14. Damar Putera says:

    Ada satu lagi yang belum di sebut Mas Cosa yakni Microblogging..
    Atau belum bisa dijadikan sebagai teknik untuk Affiliate Marketing, mohon pencerahannya..
    Thx..

  15. ono says:

    sebagus apa isi dari ebook dari genius biz?thx

  16. pasutrisatu says:

    baru taraf coba2, moga berhasil

  17. hendro says:

    mana nech yg mudah+cpat dari metode affiliate marketing tersebut untuk melakukan promosi…???
    maklum_lah saya kan dari pemula jd msh awam,hehehehee…
    thx yach…

  18. munawar am says:

    malam ini saya cek sudah masuk angka 100 click dengan 79 munique click untuk banner advertising produk PDC hanya diblog saya. masih perlu digalakkan lagi sampai dengan keputusan untuk membeli, termasuk menerapkan tips-tips lain di atas.

  19. Sama mas cosa, sy juga pemain baru di internet marketing. Saya pgn mas cosa jg mengulas cara beriklan di situs iklan luar negeri,thanx

  20. rio says:

    Makasih ya pak, Atensinya berguna bgt.

  21. makasih mas artikel ini sangat membatu saya,karna saya baru belajar di dunia online

  22. alfi yusri says:

    Mantap nih artikelnya…
    Bolehkah nantinya saya pake artikel ini untuk blog saya…

Leave a Reply