Tentang Cosa Aranda

cosa_redSaya, Cosa Aranda, mulai mengenal dunia internet sejak tahun 1996. Warnet Wasantara Net yang ada di kantor pos Jemursari menjadi tempat persinggahan rutin kala itu. Meskipun kalau dipikir-pikir, gak jelas juga saat itu browsing di internet buat apa, hehehe. Di tahun itu juga saya diterima sebagai mahasiswa S1 Tehnik Komputer di ITS Surabaya melalui jalur UMPTN. Namun karir sebagai mahasiswa di sana hanya bertahan 2 tahun karena pada akhir semester 4 saya di-DO karena jarang masuk kuliah πŸ™‚

Sempat bekerja sebagai sales dan teknisi komputer serabutan, akhirnya saya diterima sebagai pekerja kantoran di tahun 1999. Profesi saat itu adalah sebagai copywriter merangkap game tester (ya, salah satu jobs description mewajibkan saya untuk ngegame!) merangkap webmaster dan web programmer sebuah portal game yang cukup populer. Dari pekerjaan sebagai webmaster itu akhirnya saya banyak bersentuhan lagi dengan dunia internet, termasuk berkenalan dengan bisnis internet di tahun 2000 ketika saya membuka situs jualan saya yang pertama.

Kualitasnya? Jangan tanya, hanya berupa satu halaman depan berisi pengenalan dan info pemesanan, serta tautan untuk mengunduh katalog produk πŸ™‚

‘Niche’ dagangan saya yang lumayan laris waktu itu (saya sempat memilii dua ‘anak perusahaan’ dan bekerjasama dengan sebuah majalah) rupanya menarik banyak peminat, termasuk seorang investor yang menawarkan kontrak kerjasama dengan menyediakan modal untuk membuka toko di sebuah mall ternama di Surabaya. Yah, namanya anak muda sok tahu, prinsipnya adalah biar susah yang penting jadi bos, hehehe. Tawaran tersebut saya tolak.

Beberapa bulan kemudian akhirnya usaha toko online tersebut bangkrut, kalah bersaing dengan pemain-pemain baru yang punya modal segepok. Meskipun gagal, saya mendapat pelajaran berharga waktu itu, bahwa bisnis di internet memiliki potensi yang sangat besar. Saya ingat, saya mulai membuka toko online dengan modal tabungan saya di bank sejumlah 1.5 juta rupiah. Selama kurun waktu 6 bulan pertama, omzet yang masuk mencapai 60 juta. Lumayan loh untuk ukuran tahun 2000 itu πŸ™‚

Perjalanan hidup berlanjut dengan masuk ke STIKOM Surabaya jurusan Sistem Informatika (sekarang Sistem Informasi, dan sampai sekarang saya juga belum lulus). Untuk menambah-nambah uang saku, saya mencoba ‘mengkaryakan’ sumber daya sisa toko online sebelumnya dalam beberapa usaha offline yang buntut-buntutnya gagal juga karena besar pasak daripada tiang, hahaha.

Dengan kondisi keuangan yang tidak bisa dibanggakan, saya bersinggungan lagi dengan dunia bisnis internet. Tepatnya di tahun 2002. Sebuah bisnis yang kelihatannya tidak masuk akal waktu itu, bisnis PTC (Paid To Click). Bagaimana bisa dinalar, jika hanya dengan mengklik iklan (dan membangun jaringan) saja kita bisa mendapat dolar? Namun ternyata fakta berbicara. Bisnis PTC booming dan penghasilan bulanan saya dari PTC sudah cukup untuk membayar biaya kuliah, biaya transport, biaya makan-makan, dan biaya pacaran, hehehe.

Tapi inilah kejamnya dunia internet. Sesuatu yang easy come, bisa juga easy go. Berkat bantuan para scammer yang merajalela, bisnis PTC mengalami kejatuhan total di tahun 2003. Tidak sedikit investasi saya yang hangus percuma, namun syukurlah, persediaan tabungan masih mencukupi hingga tahun 2005, dimana saya berkenalan dengan blog dan Google AdSense.

Bulan Februari membuat blog, bulan April mendaftarkan diri dan pertama kali memasang Google AdSense, dan bulan September pertama kali penghasilan saya di sana menembus angka $1,000 per bulan.Β  Dan mungkin yang membuat akhirnya banyak orang mengenal saya adalah ketika angka tersebut berubah menjadi $4,000 per bulan di bulan Desember 2005.

Harus diakui bahwa Google AdSense memang telah mengubah hidup saya. Dari yang blognya sepi hingga rame pengunjung. Dari yang dulunya cuman bisa makan steak tiap setahun sekali (pas ultah) hingga bisa tiap hari (kalau mau). Dari yang dulunya tidak dikenal orang di jalan hingga sekarang… tetep aja gak dikenal orang di jalan, hihihi.

Jika dihitung semenjak tahun 2001, sekarang sudah melewati tahun ke-8 saya menjadi pebisnis internet. Dari memonetisasi blog, menjadi affiliasi, membuat situs berbasis keanggotaan, membuat layanan monetisasi, hingga berjualan produk digital buatan sendiri. Dari CosaAranda.Biz, Reviewmu.Com, hingga sekarang PanduanDasar.Com. Dari diwawancarai koran, majalah, radio, hingga diliput di televisi. Dari bangkrut, gagal, hingga sukses. Semua sudah saya jalani.

Saya mencintai bisnis internet, saya bangga menjadi salah satu pebisnis internet di Indonesia, dan saya ingin agar lebih banyak lagi pebisnis internet IndonesiaΒ  yang sukses! Situs ini, PanduanDasar.Com, adalah salah satu usaha saya untuk mewujudkannya, dengan menyediakan artikel dan produk berkualitas seputar bisnis internet, dengan satu tujuan, membantu mereka-mereka yang mau berusaha untuk berada di jalur sukses yang benar.

Mari bersama kita meniti jalur kesukesan.

cosa_sign

94 comments

  1. πŸ˜€ sangat2 setuju mas cosa bilang kalo bisnis internet memang menjanjikan…, malah…sampai2 ny pekerjaan lain hampir di abaikan….:D
    nah…tapi saya gk kayak mas Yooo…, yang katanya sempat Bolos kul n akhirnya d DO..:PISS:

    Salut & salam sukses dari saya…
    Lanjutgan….:D

  2. a'ak budi says:

    top… i like cosa, cosa my inspirasi

    • Maghfur Amin says:

      Patut ditiru kegigihannya… namun sebenarnya jg patut diketahui oleh kita2 apa yg bisa membuat berhasil dan apa yg membuat anda gagal. Sehingga kita bisa lebih belajar pada pengalaman anda..
      Keep ACTION

  3. noor says:

    Perjalanan yg panjang, penuh dgn krikil….tapi akhir sampai juga dipincak,..smg bisa jadi power untuk memulai..

  4. yoyok says:

    mohon ijin copas tentang anda buat koleksi dan motivasi diri. trim

  5. ardo says:

    Salam kenal mas Cosa. From newbie

  6. Eri says:

    inspirational!!

  7. Rifan says:

    Salam kenal mas Cosa,saya seorang nyubi saya sedang mencari peluang usaha,dan bisnis internet menjadi pilihan saya ,sebagai seorang nyubi saya harus banyak belajar dari mas cosa.

  8. ryo says:

    hebat…saya terinspirasi….saya kuliah juga nilai pas-pasan…tapi sampai sekarang mau belajar bisnis ini blm tau bagaimana mulainya…mohon petunjuknya sangat…

  9. jasa website says:

    keren mas πŸ™‚ salam kenal.. ternyata kita sama2 mulai dari ngga enak hidupnya. sama2 dewasa karna lingkungan sekitar πŸ™‚

  10. indah says:

    salut….jadi penyemangat buat belajar

  11. fatoni says:

    wah… hebat hebat..
    terimakasih n salam kenal

  12. Maurus Panco says:

    Salam kenal Mas Cosa Anda Menjadi inspirator banyak orang!

  13. saya rasa pilihan anda untuk mempublish semua pemikiran anda bukan hanya membantu meningkatkan link finance anda… tapi mungkin juga dari 1 tulisan anda dari begitu banyaknya posting πŸ™‚ , sudah membuat ratusan teman2 diluar termotivasi untuk tidak hanya mengandalkan pekerjaan mencoba jalur yang sama dan kemudian sukses…apalagi dengan segala identitas yang anda paparkan secara jelas, pencapaian yang anda miliki dalam bisnis internet ini,setidaknya menyingkirkan stigma “negative” tentang para pebisnis internet & membuat kami2 ini yang masih pemula jadi berani untuk bermimpi (maklum, indonesia tercinta ini, kalau untuk hal yg buruk gampang percaya…tapi klo untuk hal yg baik suuuuuusaaah bgt percayanya sampai ada testimonial atau tokoh yg bisa membuktikan bahwa hal itu baik)jadi salam kenal ya mas cosa, ini hari pertama saat saya membaca posting anda, adalah hari pertama saya juga untuk membangun mimpi menjadi internet marketing bussines yang handal πŸ™‚ thx bro.

  14. Triagung.com says:

    saya suka gaya anda menulis mas, ringan dan mengalir apa adanya…

  15. opang says:

    mas, salam kenal…aq tertarik mas karo artikel-e sampeyan, lek katene belajar bisnis online kudu daftar forum disik yo mas?sing belajar gratis onok nggak? sori mas, njaluke sik gratisan2 tok, mampune sik sing gratisan saiki :), mohon bantuannya

  16. kalo sekarang penghasilannya berapa mas?
    wah pasti banyak banget ya.

  17. Mantabs abis…pas untuk jadi panutan

  18. alfin akhret says:

    saya benar2 salut pada mas Cosa. benar2 memberi saya inspirasi πŸ™‚
    terima kasih atas ilmunya mas πŸ™‚

  19. Anthon says:

    Gabung ah….
    Sukses selalu mas cosa….
    memang semua kesuksesan hrs ada pengorbanan…
    thanks biografinya… utk motivasi

  20. r3view3r says:

    saya baru saja gabung, semoga kali ini saya tidak salah jalan dalam meniti karir di dunia online ini, mohon bantuan dan arahannya bung Cosa… trims.

  21. machan says:

    Memperkuat track record jumlah mahasiswa ITS yang sukses besar setelah di DO πŸ™‚

    Setelah mengenal cosa beberapa tahun lewat tips triknya. Baru kali ini saya tahu, klo mas cosa ternyata satu almamater dg saya.

    -Salut Mas-

  22. Mustafa says:

    Mas…., saya itu sudah ada usaha di IT & TELCO (SINERGI) plus ada Lembaga Kursus dan Pelatihan SMARTECH juga.

    Dulunya website cuman dibikinin orang tp akhirnya sy tdk bisa menjalankan online businessnya. So oleh karena pingin jalanin bisnis online serius…., ada saran n tips??

    Denger2 ngadain pelatihan yah?? gmn tuh prosesnya?? Saya mau detail belajar worpress.

    Kalau kerjasama ngadain pelatihan dismg gmn?? ya melalui LKP Smartech saya…..

    Makasih

  23. Yuk! Bisnis says:

    Kagum sama perjalanan karir bang cosa nih, luar biasa sebagai internet entrepreneur.

  24. galuh says:

    thanks bung Cosa… yg sudah menginspirasi banyak orang terutama saya yg lagi blajar bisnis internet

    salam
    Galuh

  25. cosa aranda emang hebat. . . . . . . .. . .kosa emang inspirasiku. .. . . . . . .

  26. Thanks untuk mas ARIEF MAULANA yang memperkenalkan ini tapi sorry sata keluar kota dan baru sempat buka pagi ini apa masih sempat dapat yang gratis atau bagaimana syaratnya menarik sekali membaca perjuangan anak muda COSA A yang gigih dan saya ingin bergabung untuk sama2 SUKSES karena ibarat naik tangga SUKSES itu STEP by STEP SETUJU…………OK

  27. Lia says:

    Mas sampeyan ngelanjutin ke STIKOM pake transfer nilai yg pernah lulus dari ITS apa ngulang jadi mahasiswa baru lg?

  28. de says:

    Mas meanjutkan ke stikom , ngulang dari awal apa ngelanjutin yg dari ITS ?

  29. Tahanan+14 says:

    Mas Cosa, salam kenal ya…

  30. Paketsol says:

    Mas Cosa, Saya mau meminta Mas untuk jadi pemateri Seminar…
    Bagaimana prosedurnya untuk daerah Pekanbaru (Riau) atau Padang (Sumbar)
    paketsolusi.com

  31. Reinstar says:

    Bagus mas, teruskan

  32. pengelana says:

    sangat menginspirasi mas.. sukses slalu dan ditunggu kemunculannya

  33. Abdul Yusuf says:

    yang namanya kesuksesan itu butuh pengorbanan dan tak semua pengorbanan itu berjalan mulus dan yang namanya kesuksan itu harus gagal dulu baru berhasil. salam kenal saya Abdul Yusuf, yang siap untuk gagal demi keberhasilan.

  34. wah, perjalanan hidup yang penuh warna. selamat, Mas,,, kini bisnisnya makin sukses.

  35. kusandi says:

    Salam kenal Rek,memang Suroboyo pencetus Pahlawan,semoga tambah sukses dan menjadi pahlawan di dunia maya buat saudara2 kita yang masih pemula.

  36. Heweal says:

    Mantap deh.. perjalananya jatuh bangun dalam hidup Salut.. Jadi inspirasi Ku .

Leave a Reply