Yang Penting Terindeks Dulu

October 27th, 2009 by Cosa @ PanduanDasar.Com Leave a reply »

Break sejenak dari materi video marketing (besok lanjut lagi kok 🙂 ), saya ingin memberikan tips singkat mengenai domain. Apabila Anda sudah lama berkecimpung di dunia bisnis internet, saya yakin ada kalanya dimana Anda membeli nama domain hanya karena naluri atau kekuatan insting Anda. Meskipun belum tahu mau dibuat apa, mau diisi tentang apa, tapi tahu-tahu di Whois sudah tercatat nama Anda sebagai pemilik domain tersebut, hehehe.

Nah, jika ini terjadi, sebaiknya jangan biarkan domain tersebut tergeletak begitu saja. Satu langkah cerdas yang penting untuk dilakukan adalah, buatlah agar domain tersebut terindeks. Kenapa? Karena proses indeks memakan waktu yang tidak pasti — bisa cepat, bisa lama. Apabila suatu saat nanti Anda memutuskan untuk menggunakan domain tersebut untuk salah satu situs Anda, sudah pasti Anda ingin agar situs Anda segera beroperasi tanpa terhambat lagi masalah indeks di mesin pencari, kan?

Yang harus Anda lakukan di sini cukup mudah kok. Buat saja halaman index.htm atau index.php dan beri keterangan singkat mengenai nama domain tersebut. Tebarkan kata kunci yang sekiranya berhubungan di dalam halaman tersebut. Selanjutnya, lakukan proses ping dengan menggunakan layanan Pingomatic.Com. Beres.

Alternatifnya, install WordPress dan beri nama blog bayangan Anda tersebut dengan menggunakan kata kunci yang sekiranya berhubungan dengan nama domainnya. Karena secara otomatis WordPress akan melakukan ping pada layanan Pingomatic, maka Anda tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Beres juga.

Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat 🙂

Instant Internet Business Ideas

32 comments

  1. iphin cow says:

    nice tips…
    bisa untuk dicoba 🙂

  2. Felix says:

    Sip,, yang penting keindex dulu.

  3. pensiun kaya says:

    tips yang simpel tapi powerful mas Cosa..makasih ya dah bimbing kita selama ini mulai dari dasar 2 bisnis online

  4. Trims, Mas Cosa. Atas tips singkat yang bermanfaat ini… 🙂

  5. Alhamdulillah tips-nya udah saya coba mas. Hatur nuhun :-bd

  6. reez says:

    makasih infonya mas…

  7. Septian says:

    Pas bener kemaren baru beli domain, cuman belum sempat diapa apain..mantep Mas! 😀

  8. asww….mampir sambil denger kuliah pa dosen…
    terimakash pa cosa….

  9. Om Cosa, saya beli domain dot com, tapi saya arahkan ke blogspot. Mohon info gmn caranya biar cepat keindex.. Tks

  10. asty says:

    mksdnya ini misal kita cm beli nama domainnya aja ya? caranya bikin halaman index.htm atau index.php gmn?

    • maksudnya, kita dah beli nama domain, udah punya hosting, tapi belum tahu domainnya mau diisi tentang apa atau belum ada waktu buat ngerjain domain itu. daripada dianggurin, mending dibikin supaya terindeks di search engine dulu.

      untuk bikin index.htm / index.php, bikin aja pake text editor biasa, trus di save pake nama itu dan selanjutnya diupload ke server.

  11. deddy04 says:

    Betul..betul..betull..

  12. Nice info masa cosa,,,emang bener…

  13. Miyabi Ozawa says:

    Sarannya udah dicoba mas,trims

  14. wox says:

    hehe… sarannya maknyuss…

  15. Dwi Wahyudi says:

    Benar-benar artikel yang singkat, padat, dan bermanfaat mas.

  16. Sofwan says:

    Saya lagi nyoba tips ini di blog baru saya, sekalian memperlancar trik di ebook seo complete guide for wordpress.

  17. Tapi bukannya kalo domain kita itu nganggur akan dianggap sebagai “internet junk” oleh Google, kalo menurut saya sih lebih baik dibikin blog aja, daripada nganggur sama sekali. Updatenya ya seminggu sekali juga cukup, yang penting ada aktivitas di domain tersebut.

    • gak juga mas. aku ada domain nganggur, cuman install wordpress aja + setup titlenya. Jadi kalo masuk ke situ isinya cuman hello world 🙂 itu dah 1.5 tahun di google dan ada di posisi #1-#3 untuk keyword lokal dengan kompetitor sekitar 500rb. kalo dianggap junk aku rasa gak akan bertahan sampe selama itu 🙂

  18. hery says:

    thanx infonya mas..sangat bermanfaat buat pemula seperti saya…btw,belakangan ini susah banget ter-index sama google.kenapa ya?

  19. Budi says:

    mantaabs…baru tahu saya, dicoba ah

    Thanks mas…:D

  20. dedi isnaini says:

    langsung praktek ah…thanks dah share mas

  21. Tutorial SEO says:

    Ya index memang perlu waktu juga. bisa 1 hari sampe berbulan-bulan.
    Good idea

  22. Om, saya baru beli domain baru dengan akhiran dot.org. (dan tanpa www.) Setelah 4 hari kok yang keindex adalah informasi domain dengan www, yang isinya informasi registar domain (godaddy). Saya cek pake webmaster tools, sama saja. yang keindex adalah informasi godady dengan kata kunci paling dominan adalah domain.
    Yang saya mau tanya, gimana caranya biar domain ini bisa keindex sebagai domain lama dengan isi baru. Bukan domain lama dengan informasi lama (sebelumnya). Terimakasih.

  23. icha312 says:

    cara instantnya boleh juga mas..sementara persiapkan isi blog,memang bagusnya webnya keindeks dulu,ntar tgl upload google gak lama indeksx seperti web baru pada umumnya

Leave a Reply